Jumat, 13 Juli 2012

Menggunakan Fasilitas AutoCalculate dan AutoSum

1. AutoCalculate
Fasilitas AutoCalculate (penghitungan otomatis) digunakan untuk melakukan penghitungan dengan
cepat dan mudah dari data2 yang cukup banyak dalam suatu range tertentu. Didalam fasilitas
AutoCalculate ini terdapat 6 buah perintah, yakni perintah otomatis untuk menghitung rata2
(Average), jumlah data (Count), banyak data angka (Count Nums), nilai max (Max), nilai min (Min),
dan jumlah data angka (Sum).
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
1. Sorot range data yang akan dikalkulasi/hitung. Misal sorot range C7:C12 dari data seperti
dibawah ini.
Gambar7.

 

Gambar7. Contoh Penggunaan AutoCalculate

2. Klik tombol kanan mouse di baris status, dan pilihlah jenis kalkulasi yang anda inginkan.
Misalkan pilihlah Average(A) untuk menghitung rata2 data.
3. Hasilnya akan ditampilkan di baris status.


2. AutoSum
Fungsi AutoCalculate diatas adalah untuk menghitung cepat data2 yang cukup banyak, tetapi tidak
dapat menuliskan secara otomatis di lembar kerja anda. Khusus untuk penjumlahan (Sum), ada cara
mudah lain untuk melakukannya yang sekaligus juga dapat langsung menuliskannya ke lembar kerja
anda. Caranya adalah dengan menggunakan tombol toolbar AutoSum (Σ).
Misalnya dalam contoh diatas, bila kita ingin menuliskan total unit, letakkan pointer mouse ke tempat
yang kita inginkan (misalnya C13), lalu tekan tombol Σ di toolbar. Selanjutnya sorot range yang ingin
dijumlahkan (dalam contoh ini adalah C5:C10) dan tekan Enter.





Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

youtubeku